6 Tips Hemat Listrik Rumah Tangga

by Monday, April 06, 2015 2 komentar
Hemat Listrik Rumah Tangga - Biaya Listrik Rumah Tangga menjadi suatu kendala disamping itu semua orang membutuhkan listrik. Ditengah-tengah kondisi TDL (Tarif Dasar Listrik) yang naik menjadikan kita harus lebih hidup hemat energi khususnya energi Listrik. Saat ini penulis ingin berbagi Tips untuk melakukan pengematan Listrik. 

Berikut 5 Tips Hemat Listrik Rumah Tangga


1. Memakai Lampu LED

Dahulu pemakaian lampu sangatlah menjadi pemborosan yang berlebih, apalagi dibeberapa ruangan lampu yang tidak pernah dimatikan. Bergantinya zaman orang beralih dari lampu Pijar yang memakan watt 60 watt hingga 125 watt ke lampu Neon yang memiliki watt rendah dari 6 watt sampai 24 watt. Zaman pun sudah berganti telah hadir lampu dengan watt yang lebih rendah yaitu lampu LED walau harganya cukup mahal tetapi lampu ini efektif melakukan pemangkasan biaya listrik rumah, khususnya jika anda pengguna lampu yang jarang dimatikan.

2. Matikan Jika tidak dipakai

Terkadang kita sangat cuek untuk mematikan perangkat-perangkat yang sudah tidak dipakai, seperti TV yang tidak ditonton lagi, kipas angin yang ditinggal pergi, padahal perangkat-perangkat tersebut menggunakan daya listrik yang besar. Segera matikan listrik jika tidak dipakai, untuk melakukan penghematan

3. Memasang Timmer pada perangkat listrik

Timmer sangat dibutuhkan untuk perangkat-perangkat boros listrik, biasa sudah terdapat diperangkat tersebut. Seperti contoh kipas angin, tv dan AC. Maanfaatkan timmer atau pengwaktuan untuk menghemat listrik, jika tidak terdapat, kini kita bisa memasang timmer listrik di stopcontact listrik yang dijual dipasaran.

4. Memakai Automatis OFF sesnsor matahari

Lampu luar rumah yang biasa lupa dimatikan atau sengaja dihidupkan karena ditinggal hingga malam. Sebaiknya memasang automatis lampu yang seperti gambar diatas. Sangat efektif jika kita tinggal rumah hingga larut malam agar saat kita sampai rumah tidak gelap dan kita tidak melakukan pemborosan disiang hari karena automatis mati lampu tersebut.

5. Pilihlah perangkat listrik rendah watt/rendah daya

Sebelum menata rumah dan membeli perabot rumah, kita fikirkan memakai perangkat yang mana, pemilihan ricecooker, dispenser, kipas angin, AC dan mesin cuci, pilihlah yang menggunakan watt yang rendah tapi tetap mempunyai performa yang baik.

6. Hindari perangkat "penghemat listrik"

Hindari pemasangan alat "penghemat listrik" yang sebenarnya hanya menambah beban listrik rumah tangga kita. Tidak ada alat yang benar-benar menghemat listrik kecuali menggunakan perangkat inveter listrik.

Sekilas artikel tentang Hemat Listrik Rumah Tangga semoga bermanfaat buat para pembaca. Semoga listrik dirumah dapat ditekan lagi biayanya setelah tarif dasar listrik pemerintah naikan.

AR

Blogger

Seorang penulis amatir yang mencoba berbagi hal-hal menarik yang menginspirasikan. Downloads, Share and Fun.

2 comments: