Tikus transparan sebagai objek penelitian anatomi

by Sunday, August 03, 2014 1 komentar
Satu lagi inovasi dari bidang biologi. Peneliti berhasil merekayasakan tikus menjadi transparan untuk objek penelitian. Tikus kerap kali menjadi objek percobaan dikarenakan sistim biologinya memiliki banyak kemiripan dengan manusia.

Seperti yang di lansir oleh berita www.de.dw percobaan ini menjadi alat bantu untuk penelitian dibidang medis. Berbagai proyek seperti pemetaan sistem saraf secara rincian atau penyebaran kanker, kata Viviana Gradinaru dari California Institute of Technology, peneliti senior yang menulis makalah tentang hal tersebut. Penelitian menggunakan tikus transparan juga dapat membantu dokter untuk menganalisa sampel biopsi (pengambilan bagian jaringan tubuh) manusia.


Perlu diingat bahwa objek tikus ini dalam keadaan sudah tidak bernyawa, jadi anda tidak perlu kawatir mahkluh tikus transparan akan berlalu-lalang didalam rumah anda.

Pada tahun 2013 peneliti sudah mulai melakukan penelitian dengan membuat otak tikus transparan hal ini mendapatkan hasil objek yang lebih jelas dibanding dengan X-ray maupun melakukan secara MRI.

Proses penciptaan tikus transparan ini secara garis besar dengan memompakan cairan kimia khusus kedalam jaringan pembuluh darah tikus dan kemudian melakukan pencucian lemak hingga lemak lepas dan anatomi tikus dapat dilihat jelas. Waktu yang dibutuhkan sekitar seminggu untuk membuat tikus transparan, kata Gradinaru dan membutuhkan waktu dua pekan untuk tikus ukuran besar. Dengan penemuan ini ilmuwan dapat menyorot rincian anatomi seperti lokasi gen yang aktif. Sumber : www.de.dw

AR

Blogger

Seorang penulis amatir yang mencoba berbagi hal-hal menarik yang menginspirasikan. Downloads, Share and Fun.

1 comment: