Kuliah Design Engineer Vs Art Design

by Friday, August 01, 2014 0 komentar
Perkuliahan sudah dimulai untuk tahun ini, tapi ada baiknya review ini dibaca sebagai referensi yang sekarang sedang duduk di bangku akhir SMA. Perkuliahan adalah salah satu langkah yang menentukan masa depan kamu akan stay  dimana, bagaimana, bekerja apa. So, pilih dengan sesuai kenyamanan kalian semua, jangan sampai sudah mulai kuliah malah pindah-pindah jurusan.

Pertama, Kuliah dengan kosentrasi Design, disini dibagi menjadi dua bagian, pertama lebih ke teknik dan satu lagi lebih keseni disain. Sama- sama mempelajari disain tetapi dengan sudut pandang yang berbeda. Walau keduanya berbeda disain itu sangat dibutuhkan dalam kehidupan kita sehari-hari. Tanpa disain mungkin tidak ada produk-produk penuh dengan inovasi.

Kedua, Design Engineer yaitu Teknik disain perancangan salah satu konsentrasi dari jurusan teknik mekanika yang biasa disebut teknik mesin/manufaktur. Design Engineer atau biasa disebut Teknik Perancangan dalam bahasa Indonesia mengajarkan kita mengenai disain suatu benda yang memenuhi syarat-syarat mekanika agar stabil, aerodinamik, dll. Salah satu kampus yang membuka konsentrasi ilmu ini adalah Politeknik Manufaktur Bandung yang dulu dikenal sebagai Politeknik Manufaktur Swiss-ITB.



Ketiga, Design Art yaitu Seni disain biasa lebih ke komunikasi visual atau biasa disebut DKV (Disain Komunikasi Visual) membuat pemodelan animasi, disain periklanan, dll. Disini kita akan mempelajari bagaimana membuat produk komunikasi visual yang diimplementasikan dengan seni disain.

Kelebihan Design Engineer, jika anda atau kawan memilih kuliah jurusan ini sangat baik jika ingin mengimplemetasikan ilmunya nanti di dunia industri. Ilmu mekanika disini sangat digembleng dalam disain, prospeknya menjadi drafter atau desin produk mekanik. Dalam konsentrasinya kita lebih ditekankan untuk mendisain suatu benda 3D dengan AutoCAD, SolidWork, dll.

Kekurangan Design Engineer, untuk mendapat pendapatan tambahan dengan mendesain secara mekanik sangat jarang ada yang meminta. Jadi akan sulit mencari freelance disain secara teknik dibandung seni disain.

Kelebihan Art Design, sangat mudah mencari penghasilan tambahan dengan membukan jasa disain seperti disain animasi, logo produk, disain kaos, disain PIN, dll. Karena pasar yang meminta cukup banyak. Selain itu kita bisa ikut kompetisi disain disitus luar negeri untuk mendapatkan dollar.
Kekurangan Art Design, dari biaya kuliah rata-rata untuk jurusan ini kampus menaruh biaya yang cukup mahal. Terkadang biaya untuk kebutuhan pendukung yang menuntut mahal, seperti laptop spek tinggi dan biasanya memakai MacBook dengan sylus mengambarnya.

Sekian untuk tulisan saya kali ini, semoga bisa menjadi referensi kuliah tahun depan yang sekarang duduk dibangku akhir SMA. Semoga sukses menjalani ujian akhir 2014. Bagi teman-teman yang ingin menambah atau mengkoreksi silahkan komen yang bijak dibawah ya.. :)

AR

Blogger

Seorang penulis amatir yang mencoba berbagi hal-hal menarik yang menginspirasikan. Downloads, Share and Fun.

0 komentar:

Post a Comment